Jumat, 10 Desember 2010

7 Simple Tips Memulai Bisnis

Banyak orang yang berkeinginan untuk mempunyai bisnis-nya sendiri, ada yang beralasan karena keleluasaan yang didapat karena semua proses dikendalikan dan diatur oleh kita sendiri, ada juga yang beralasan hanya untuk menambah pundi-pundi pribadinya biar dapur tetep ngebul.
Apapun alasannya, ( minumnya teh botol sosr*, LHO ?! ) tantangan klasik dalam memulai suatu bisnis, bisnis apapun itu, adalah mental dari enterpreneur itu sendiri dan mindset yang lemah. Semua bisnis pasti ada resikonya, tergantung bagaimana kita nya aja yang pintar menghandle situasi dan cerdik melihat kondisi pasar.



Sebelum pusing memilih kira-kira bisnis tipe apa yang cocok buat dijalanin, berikut 7 tips untuk memulai sebuah bisnis :

* Pastikan tabungan anda cukup. Langkah yang pertama ini memang cukup berat, but i have to be honest, tanpa memiliki dana lebih yang telah dipersiapkan terlebih dahulu, maka siap-siap aja tangan menengadah keatas, hehe. Ingat, semua bisnis memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda, so, be prepared.

* Ikuti seminar yang berhubungan dengan bisnis yang akan anda geluti. Cari tahu sisi positif dan negatif, manfaat, berbagai macam rintangan, trik, dan rival-rival yang akan anda temui ketika menjalani bisnis.

* Bangun jaringan yang luas. Perbanyak teman, khususnya yang berkaitan dengan bisnis yang akan anda jalankan. Apabila perlu, jangan malu untuk meminta teman anda tersebut untuk menjadi mentor untuk anda. Dengan adanya mentor, kita bisa mengurangi resiko mengambil keputusan yang salah.

* Don’t try to be the biggest — try to be the best. Lakukan yang service terbaik dahulu untuk customer, dengan adanya feedback yang positif dari customer, nantinya your company will get bigger by itself.

* Make many many mistakes. Yups, thats right. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengalaman yang paling berharga adalah berlajar dari kesalahan yang telah kita buat di masa lalu. Semakin banyak kesalahan yang kita buat, semakin banyak kita belajar dan mengerti.

* Budget & Plan for advertising. Sudah banyak orang yang sudah capek-capek mendirikan suatu bisnis, tetapi mereka mengeluh karena hanya sedikit customer yang datang. Well, it’s not a magic world people, Sudah wajib hukumnya mengiklankan bisnis anda, walaupun itu gratis.

* One business at a time. Fokus Fokus Fokus Fokus Fokus dan jangan serakah.

Bukankah 9 dari 10 pintu rezeki ada di berdagang ? Semangat Sobat !!

0 komentar:

Posting Komentar

AYO! Berikan pendapat anda tentang artikel di atas..

pilih icon dan masukan kode icon diatas untuk menampilkan icon pada komentar.

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | JIWA PEBISNIS Designed by Devan | CSS done by Blogger INDONESIA